Destinasi Wisata Yogyakarta | Candi Prambanan


wisata-kotayogyakarta.blogspot.com - Candi Prambanan merupakan  candi Hindu paling besar di lokasi Asia Tenggara, berketinggian 47 meter. serta sudah dinyatakan juga sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia pada th. 1991 oleh UNESCO. Inilah juga candi Hindu paling megah yang ada di Indonesia. Candi Prambanan ini terdapat di perbatasan pada 2 propinsi, yaitu Jogjakarta serta Jawa Tengah. Tempat wisata Jogja ini punyai pemandangan nan memikat, sungguh eksotik di saat senja ketika sinar matahari menyinari bangunan candi dengan gradasinya yang mengagumkan. Dari dekat, Anda bisa melihat panorama arsitektur serta design candi yang demikian indah. 

Candi Prambanan yaitu suatu obyek wisata di Jogja dengan histori yang tua. Letak posisi candi Jogja yang satu ini dengan Candi Borobudur tidaklah berjauhan, hal semacam ini memberi pesan kuat bahwa mulai sejak jaman dulu sudah berjalan keselarasan antar pemeluk agama Buddha serta Hindu di tanah Jawa. 

Histori Candi Prambanan di mulai pada th. 850 Masehi, pertama kali di bangun oleh Rakai Pikatan dari Dinasti Syailendra yang berkuasa pada saat itu. Berdasar pada Prasasti Shivagrha yang berangka th. 856 Masehi, candi di Jogja yang satu ini di bangun buat menghormati Dewa Siwa. Masih tetap berdasar pada prasasti, Candi Prambanan awal mulanya diberi nama Shiva-grha, yang berarti Rumah Siwa, serta setelah itu dimaksud sebagai Shiva-laya, yang bermakna Kerajaan Siwa. 

Di lokasi wisata candi Jogja ini, ada kompleks besar bangunan candi yang tunjukkan bahwa Candi Prambanan yaitu pusat aktivitas pemujaan serta acara keagamaan. Penemuan reruntuhan Candi Boko yang terdapat cuma 5 km arah selatan dari area Candi Prambanan menyatakan bahwa lokasi seputar candi yaitu pusat pemerintahan kerajaan Mataram Hindu dari Dinasti Sanjaya. Butuh di ketahui, Candi Boko yaitu sisa kompleks istana Kerajaan Mataram Hindu pada saat itu menurut bukti-bukti histori serta menjadi pusat pemerintahan. 

Rasa hormat yang besar dari orang-orang lokal pada candi ini menimbulkan legenda Roro Jonggrang yang populer itu. 
Advertisement
First