Destinasi Wisata Yogyakarta | Pesona Unik Candi Plaosan


Wisata-kotayogyakarta.blogspot.com - Kota Yogyakarta memang terkenal dengan sejarah yang luar biasa. Beragam candi dan bangunan kuno ada di kota ini. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Candi Plaosan. Lokasinya yang berdekatan dengan Candi Prambanan membuat para wisatawan sekaligus datang ke Candi Prambanan. 


Candi Plaosan yang cukup dekat dengan Candi Prambanan, punya pesona unik diantara beberapa obyek wisata candi di Jogja. Candi Plaosan ini di bangun oleh Rakai Panangkaran, salah seseorang raja dari Dinasti Syailendra, yang juga membangun Candi Borobudur serta Candi Sewu. Candi ini dimaksud juga candi kembar, terdiri atas dua sisi, yaitu Candi Plaosan Kidul serta Candi Plaosan Lor. Letak keduanya sama-sama berdekatan, cuma berjarak lebih kurang 100 mtr.. 

Dari corak bangunan candi, didapati bahwa obyek wisata di Jogja yang satu ini yaitu kombinasi pada dua kebudayaan, yakni Hindu serta Buddha. Menurut kepercayaan orang-orang lokal, Candi Plaosan ini punya kemampuan cinta kasih pada Rakai Pikatan serta Pramudya Wardhani. Oleh karena itu, dipercayai bakal menghadirkan barokah untuk pasangan pria serta wanita. Tersebut karena tempat wisata candi ini cukup disukai banyak orang untuk pasangan suami istri yang mau dikaruniai kelahiran seseorang anak.
Advertisement
Previous
Next Post »