Destinasi Wisata Yogyakarta | Petualangan Lebih Seru di Goa Jomblang


Wisata-kotayogyakarta.blogspot.com - Jika anda berada di Jogja atau berencana untuk mengunjungi kota gudeg ini, sebaiknya mencoba memacu adrenalin melalui petualangan di goa Jomblang. Goa ini menjadi salah satu destinasi favorit di kota Yogyakarta.

Goa Jomblang Gunungkidul merupakan perumpamaan riil bagaimanakah wisata Jogja dapat jadi daya tarik luar umum untuk beberapa wisatawan yang suka pada petualangan di alam. Disini kita tak tengah mengulas Yogyakarta yang sama dengan Malioboro atau Keraton, akan tetapi Yogyakarta dari pojok lain berbentuk wisata alam yg tidak kalah menantang. 

Goa Jomblang Gunungkidul mempunyai pesona alam yang menarik, terlebih untuk mereka yang suka pada petualangan atau tantangan. Wisata Goa Jomblang dapat menyuguhkan Anda pengalaman wisata yang meningkatkan keras adrenalin.  

Ketangguhan Goa Jomblang juga sebagai ruang uji adrenalin juga sudah disadari dunia internasional. Hal semacam ini dapat di buktikan dengan diselenggarakannya moment “Amazing Race America” pada th. 2011 silam dimana Goa Jomblang di Jogjakarta digunakan untuk salah satu rute pada moment itu. 

Goa Jomblang Gunungkidul termasuk juga model goa vertikal dengan style “Collapse Doline” yang terbentuk dari momen amblasnya tanah ke basic bumi beserta vegetasinya pada beberapa ribu th. lampau. Robohan dari momen alam itu pada akhirnya membuat “sinkhole” atau sumuran menganga, yang dalam bhs Jawa lebih popular dimaksud Luweng. Lantaran mempunyai mulut goa yang luas serta cukup besar (lebih kurang 50 mtr.), jadi mulut Goa Jomblang kerap juga dimaksud Luweng Jomblang. 

Cara Kreatif Mengarungi Goa Jomblang 
Selain memerlukan keberanian tinggi, untuk menelusuri Goa Jomblang Gunungkidul juga dibutuhkan penguasaan tehnik Single Rope Technique (SRT) atau tali tunggal. Siapa saja yang mengadakan aktivitas caving di Goa Jomblang ini perlu untuk kenakan peralatan spesial yang penuhi standard keamanan caving saat sebelum menyusuri goa vertikal ini. Selain tehnik SRT, Anda juga perlu didampingi oleh pakar atau penelusur goa memiliki pengalaman. 

Goa Jomblang Gunungkidul mempunyai ketinggian bermacam, dari mulai 40 mtr. sampai 80 mtr. dari bibir ke basic goa. Jika Anda baru pertama kali berpetualang di goa vertikal ini, dianjurkan untuk coba yang paling pendek lebih dulu. 

Lintasan paling pendek disebut yaitu lintasan VIP, dimana 15 mtr. pertama teras VIP berbentuk slope masih tetap mampu dilewati dengan jalan kaki. Tetapi selanjutnya, lintasan selanjutnya mesti dilewati memakai tali di mana Anda mesti menuruni tali selama kian lebih 20 mtr. sampai meraih basic goa. Sesudah menjejakkan kaki di basic goa, rasa cemas sepanjang menuruni tali mampu di pastikan bakal hilang saat itu juga. 

Petualangan yang Anda Temukan di Goa Jomblang Gunungkidul 
Agar bisa nikmati pengalaman caving di Goa Jomblang ini, Anda mampu mengambil paket cave tubing yang disiapkan oleh beberapa group penikmat caving yang ada disana. Biasanya, biayanya meraih seputar Rp 450 ribu sepanjang berpetualang. Cost ini telah termasuk juga antar jemput dari Wonosari – Semanu (tempat Goa Jomblang), soft drink, makan siang, serta cost sewa peralatan masuk goa. 

Jika Anda datang dalam rombongan, seharusnya jumlah anggota tak kian lebih 25 orang. Pihak pengelola goa membatasi jumlah peserta optimal cuma 25 orang saja untuk sekali masuk. Selain Goa Jomblang, di Jogja masih tetap ada juga destinasi wisata goa yang lain yang tidak kalah menarik, yaitu Goa Pindul. 

Pesona Goa Jomblang Gunungkidul 
Sesudah menuruni terjalnya Goa Jomblang, Anda bakal disajikan panorama yang luar umum. Jika dibagian atas Goa Jomblang Gunungkidul ini Anda cuma mampu melihat hamparan perbukitan Karst serta pohon-pohon jati yang meranggas, jadi demikian sebaliknya kala di basic Goa Jomblang Anda bakal melihat hamparan rimba hijau yang luas serta subur. 

Panorama sisi atas Goa Jomblang yang menakjubkan
Dari mulai tumbuhan semak, paku-pakuan, beragam model lumut, sampai pohon-pohon besar berdiri rapat seakan-akan mendatangkan nuansa surga yang sungguh jauh bertolak belakang dengan kehidupan diatas permukaan tanah. Hutan hijau ini lebih di kenal dengan sebutan rimba purba. Mulai sejak amblasnya tanah ke basic bumi, vegetasi rimba selalu bertumbuh dengan subur sampai saat ini. 

Petualangan di Goa Jomblang Gunungkidul ini bukan sekedar cuma berhenti pada basic goa saja. Perjalanan bakal dilanjutkan ke Luweng Grubung dengan lebih dulu masuk mulut goa (entrance) yang memiliki ukuran besar. 

Pintu masuk Goa Jomblang 
Pada Jomblang serta Grubung terhubung lewat suatu lorong dengan panjang seputar 300 mtr.. Di selama lorong ini, Anda mampu nikmati macam ornament indah seperti stalagmit, stalagtit, serta batu kristal yang mengagumkan. Tidak lama berselang, Anda bakal melihat seberkas sinar jelas di dalam gemuruh aliran sungai. Inilah yang oleh beberapa penikmat cave tubing populer dengan sebutan “Cahaya Surga” di Goa Jomblang Jogja. 

Sinar Surga di Goa Jomblang Gunungkidul 
Panorama mengagumkan ini sungguh mengagumkan, melihat air sungai bawah tanah yang mengalir deras diselingi sinar matahari yang masuk lewat Luweng Grubung dari ketinggian 90 mtr. membuahkan satu tiang sinar yang sungguh luar umum indahnya. Ditambah lagi saat sinar itu menyinari keindahan flowstone serta gelapnya basic goa, sungguh sangatlah terkesan. 

Penginapan yang bisa anda dapatkan di Goa Jomblang Gunungkidul 
Biasanya, wisatawan bakal mengambil tempat bermalam di Wonosari. Wonosari merupakan ibukota Kabupaten Gunungkidul di Propinsi Yogyakarta. Walau ada beberapa hotel, akan tetapi pilihan bermalam yang popular merupakan guest house di Gunungkidul supaya jarak tempuh ke tempat goa lebih dekat, semisal Orlinds Joglo Guesthouse, Orlinds Basule Guest House, The New Orlinds Guest House, serta Orlinds Rambutan Guesthouse. 

Anda mampu mencari hotel atau penginapan dekat Goa Jomblang dengan cara on-line manfaat meyakinkan ketersediaan kamar. Salah satu on-line booking yang popular merupakan AGODA. 

Rute Perjalanan Menuju Goa Jomblang 
Agar bisa tiba di Goa Jomblang Gunungkidul, rute perjalanan yang perlu ditempuh tidaklah demikian sukar. Dari pusat kota Jogja, perjalanan ke tempat cuma meniti jarak seputar 50 km. dengan menggunakan saat lebih kurang 1 jam. Wisata ke Goa Jomblang bisanya di sajikan berbentuk paket tur, dengan hal tersebut Anda bakal dijemput serta pastinya difasilitasi perlengkapan sesuai sama standard agar bisa menelusuri “Cahaya Surga” di Goa Jomblang itu.


Advertisement
Latest
Previous
Next Post »