Destinasi Wisata Yogyakarta | Segala Rupa Dari Pantai Indrayanti



Wisata-kotayogyakarta.blogspot.com - Kota yang terkenal dengan makanan gudeg ini juga memberikan banyak pesona indah pantainya. Mulai dari pantai parangtritis, pantai baron hingga pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti Gunungkidul, inilah satu lagi wisata pantai di Yogyakarta yang pantas Anda kunjungi dari Kabupaten Gunungkidul. Pantai Indrayanti, demikian penduduk lokal maupun para wisatawan menyebutkan pantai yang indah serta romantis ini. 

Nama pantai ini terdengar sedikit aneh, karena namanya lebih menyerupai nama wanita Jawa. Pantai yang terdapat di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunungkidul ini berdekatan dengan juga destinasi digemari banyak orang yang lain di Gunungkidul Jogja, seperti Pantai Baron serta Pantai Krakal. 

Tempat Pantai Indrayanti Gunungkidul terdapat pas di segi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh perbukitan karang. Pantai Indarayati tawarkan keindahan pemandangan yang unik ketimbang pantai-pantai lain di Gunungkidul. Bukan sekedar bentang pasir putih yang menakjubkan atau megahnya perbukitan batuan karang, jernihnya air laut yang kelihatan biru bersih seakan mengajak beberapa wisatawan buat berenang serta berbaur di dalamnya. 

Air laut di Pantai Indrayanti ini memanglah sungguh bersih, jernih, serta alami lantaran belum terkontaminasi oleh beragam limbah. Inilah karena beberapa penikmat perjalanan senantiasa suka pada buat berenang serta bermain-main air di Pantai Indrayanti itu. 

Pemberian nama Pantai Indarayanti Gunungkidul ini di ambil dari nama yang memiliki suatu restoran yang ada di lokasi itu. Hal semacam ini bermula dari papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran hingga lalu orang lebih mengetahui pantai itu juga sebagai Pantai Indrayanti. 

Pemberian nama ini pernah mengundang pro-kontra lantaran pemerintah Kabupaten Gunungkidul sudah berikan nama pantai itu, yakni Pantai Pulang Syawal. Tetapi, nama Indrayanti terlanjur familiar di telinga penduduk lokal ataupun wisatawan. Selanjutnya, pantai di Yogyakarta yang populer paling bersih ini lebih digemari banyak orang dengan sebutan Pantai Indrayanti. 

Peran aktif pihak swasta yang ikut ambillah sisi dalam pengelolaan Pantai Indrayanti Gunungkidul cukup membawa efek positif. Hal semacam ini bisa kelihatan dari keseluruhnya lokasi pantai yang terja kebersihannya, bahkan juga sampai selama garis pantai bebas dari sampah. 

Hal semacam ini bukanlah tanpa ada karena. Pihak pengelola pantai tidak segan-segan menjatuhkan denda atau hukuman pada beberapa pengunjung yang buang sampah asal-asalan. Inilah salah satu argumen dibalik kebersihan Pantai Indarayanti Yogyakarta itu. 

Kenyamanan serta kebersihan yaitu misi pengelola buat melindungi supaya lokasi wisata Pantai Indrayanti tak kotor. Suatu hal yang sudah pasti pantas diteladani oleh banyak lokasi wisata alam serta pantai di Indonesia. Ini ikut juga menumbuhkan serta menaikkan kesadaran diri beberapa wisatawan tidak untuk cuma memuaskan ego wisata semata, tapi turut dan melindungi kebersihan alam.  

Makanan yang ada di Pantai Indrayanti Gunungkidul 
Tidak kalah dengan Pantai Parangtritis atau Malioboro yang komplit dengan hidangan kulinernya, tempat wisata Pantai Indrayanti Gunungkidul juga tawarkan rangkaian hidangan yang menggugah selera. 

Yang bisa dilakukan di Pantai Indrayanti Gunungkidul 
Di lokasi ini, Anda bukan sekedar dimanjakan oleh keindahan wisata pantai, tapi dapat juga dengan cara leluasa nikmati beragam kuliner yang ada disana. Anda bisa temukan sajian nasi goreng, bakso, soto, Gudeg, serta lain-lainnya. Tetapi sudah pasti menu yang dihidangkan lebih didominasi oleh hidangan laut mengingat tempatnya yang ada di lokasi pantai. 

Penginapan di Pantai Indrayanti 
Tidak cuma cafe serta restoran yang melengkapi pesona Pantai Indrayanti Gunungkidul, juga ada beberapa penginapan untuk Anda yang mau menggunakan saat berlibur di pantai berombak cukup tenang ini. Dari mulai café, restoran, sampai penginapan di Pantai Indrayanti, seluruhnya di desain menghadap ke arah pantai. Inilah karena pengalaman bersantap serta beristirahat merasa sungguh mengasyikkan disana. 

Romantisnya di Pantai Indrayanti 
Waktu malam hari tiba, Pantai Indarayanti Gunungkidul bisa mendatangkan kondisi yang tidak sama. Gazebo-gazebo yang berjajar dipinggir pantai kelihatan sungguh indah dengan diterangi kerlip redup cahaya lampu. 

Jika Anda datang berbarengan dengan kekasih atau pasangan, Anda bisa dapatkan nuansa romantisme yang kental di lokasi pantai itu. Pengalaman ini merasa komplit waktu bersantap malam berbarengan orang terkasih, ditemani sepoi angin laut serta nada ombak. Sungguh suatu memori indah! 

Ada apa di balik bukit Pantai Indrayanti 
Selepas nikmati sajian kuliner di cafe atau restoran yang ada di Pantai Indrayanti, Anda bisa coba pengalaman lain dengan jalan menuju bukit di arah timur. Disini tak ada jalan spesial, berarti Anda mesti sedikit ekstrim dengan menerobos semak serta perdu dan sesekali memanjat karang. Mungkin saja bakal sedikit melelahkan, tapi ketahuilah bahwa seluruhnya bakal terbayar selesai ketika Anda tiba di puncak bukit itu. 

Dari puncaknya, Anda bisa melihat bentang Samudera Hindia yang demikian luas terhampar selama horizon yang kelihatan. Burung camar sesekali terbang melintas dengan paruh membawa ilalang buat bikin sarang diselingi desau angin laut serta deru ombak, sungguh laksana orchestra alam yang sungguh menawan hati. Indah serta menentramkan. Waktu senja tiba, di sinilah spot paling baik buat memperoleh sunset di Pantai Indrayanti yang paling menawan. 

Rute Perjalanan ke Pantai Indrayanti 
Untuk menuju Pantai Indrayanti Gunungkidul, perjalanan terbilang gampang lantaran jalan sudah beraspal halus. Tetapi Anda terus dianjurkan buat membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan, karena dari pusat kota Yogyakarta masih tetap belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda ke tempat Pantai Indrayanti. 


Advertisement
Previous
Next Post »